Tuesday, 1 September 2015

Skincare Journey and AM-PM Routine

Beberapa bulan ini sering ada yang email, chat di line/whatsapp, atau comment di instagram (baik itu temen-temen atau orang yang belum aku kenal) untuk nanya aku pakai skincare apa? Karena agak bosan menjawab pertanyaan yang sama hihihi jadi aku putusin untuk nulis aja tentang produk-produk skincare apa saja yang saat ini menjadi daily routine aku.



Sebelumnya aku mau cerita dulu, kira-kira di bulan Februari 2015 lalu, kulit aku yang tadinya jarang bermasalah (paling jerawat 1-2 di dagu kalau mau dapet), tiba-tiba jadi super jerawatan karena ngga cocok dengan suatu produk peeling gel, padahal sebelumnya kondisi kulit aku rasanya lagi bagus-bagusnya (aku pakai rangkaian skincare dari Kiehl's dan Bioderma). Sedih banget rasanya karena produk skincare yang tadinya super cocok di kulit aku ngga memberikan hasil yang berarti lagi. Saat itu jerawat aku jadi banyak banget di daerah dagu, ukurannya juga besar-besar dan sangat kemerahan, bahkan bagian pipi aku yang bisa dibilang jarang banget jerawatan jadi berjerawat dan ga hanya satu, dunia serasa runtuh banget deh saat itu huhuhu (mungkin terkesan lebay banget, but I'm very sensitive person ketika menyangkut tentang my skin condition).



kondisi kulit aku ketika jerawatan, sebenarnya pipi bagian kanan agak parah cuma ga terlihat karena angle photo nya

Walaupun aku jadi jerawatan tapi aku terus pakai makeup dan tetap berusaha nutupin pakai concealer, mungkin ini kepercayaan yang aneh, tapi kalau aku cuma pakai makeup tipis, terus pas aku ngaca dan ngeliat kondisi kulit aku saat itu yang lagi breakout, rasanya langsung jadi sedih dan kebawa stress dan malah semakin memunculkan jerawat baru. Maka jadilah aku terus pakai makeup, karena at least ketika aku ngaca, I didn't feel that bad.

Selama sebulan aku masih bertahan dengan skincare aku sebelumnya, tapi ngga ada perubahan berarti, aku mulai cari-cari info mengenai dokter kulit yang bisa mengobati permasalahan ini, karena jujur aku sempet sedih banget kalau denger comment orang-orang "Kok sekarang jerawatan sih?", "Lo kan kerja di makeup brand, masa jerawatan nanti apa kata orang?", and another harsh comment which make me feel worse, saking stress nya tiap malem aku jadi makin males-malesan cuci muka, sering ketiduran dulu, dan baru kebangun di tengah malem untuk bersihin muka yang malah bikin kondisi kulit aku ga menjadi lebih baik :(

Akhirnya berbekal research secukupnya dan tanya sana-sini, nanya temen kantor ku yang dulu juga jerawatan banget, aku memutuskan untuk ke Bamed Skincare (aku pernah denger juga sebelumnya ketika ngobrol dengan Ayla Dimitri, tapi karena waktu itu kulit aku masih fine-fine aja jadi lah ga tertarik untuk coba). Di akhir Maret 2015, aku memutuskan untuk ke Bamed yang di Dharmawangsa Square dan mulai konsultasi yang pertama dengan dr. Yuda. Yang paling aku inget dari pesan dr. Yuda saat itu adalah aku harus rajin-rajin cuci muka terutama karena sehari-hari aku pakai makeup (sehari minimal 3x), dan waktu itu difacial juga (kalau di Bamed sebutannya adalah Kil+Kom), dari konsultasi pertama dengan dr. Yuda aku dikasih Cleanser Gel (sabun cuci muka), Acne Gel (untuk ditotol di bagian yang berjerawat aja), dan Night Cream Sense 1 (bisa dibilang itu night cream paling ringan dan efeknya juga ga akan terlalu cepat), karena aku maunya ga ada pengelupasan yang berlebihan atau kulit menjadi terlalu kering atau merah-merah selama pengobatan.

Setelah pertemuan pertama hasilnya belum terlalu terlihat, tapi yang aku rasakan adalah tekstur kulit aku menjadi terasa lebih sehat karena jadi kenyal dan lebih soft (walaupun masih ada jerawat tapi sudah lebih kecil dan mengering). Selanjutnya di bulan berikutnya aku konsultasi yang kedua, kali ini dengan dr. Heru karena dr. Yuda sedang cuti. Jadi di Bamed, bisa dengan dokter yang mana aja kalau kamu ngga keberatan karena basically, saran mereka juga ngga akan jauh beda. Di konsultasi yang kedua ini aku juga ditreatment Chemical Peeling, beberapa hari setelah dipeeling baru terasa kondisi kulit menjadi semakin cerah, lembut, dan kenyal, jerawat-jerawat juga sudah mulai hilang, tinggal bekas-bekasnya, dan orang-orang di sekitar aku juga mulai notice dan memberikan respons yang baik. Kalau menurut dr. Heru, tahapnya memang tidak akan instan, tetapi kurang lebih dr. Heru menggambarkannya sebagai berikut

0 - 6 minggu: adalah stage "I Hate My Face", karena biasanya ini adalah masa purging yang membuat jerawat menjadi semakin keluar, kulit cenderung kering dan kemerahan, atau ada beberapa kasus yang kulitnya mengelupas
6 - 12 minggu: adalah stage "I Like My Face" karena di tahap ini kita mulai bisa merasakan perubahan kulit yang semakin baik, jerawat yang mulai hilang, pori-pori mulai mengecil, serta tekstur kulit menjadi lebih kenyal dan lebih halus.
> 12 minggu: adalah stage "I Love My Face" karena jerawat-jerawat membandel biasanya sudah jauh berkurang (kecuali jerawat hormonal menjelang atau setelah haid), tekstur kulit menjadi semakin sehat karena pori-pori yang mengecil, wajah juga menjadi lebih cerah (cerah ya bukan putih yang serem gitu hihi), dan tinggal maintanance bekas-bekas jerawat yang membandel dengan alternatif treatment lanjutan.

Dari dr. Heru aku dapat cream tambahan yaitu Clear Gel (semacam gel yang berfungsi seperti moisturizer) dan PMC atau Pre Makeup Cream, yang bisa aku gunakan sebelum mengaplikasikan makeup, serta Post Peel Cream (yang harus digunakan selama kurang lebih 4 hari setelah peeling)

Di bulan selanjutnya, aku agak kesulitan meluangkan waktu yang pas untuk konsul dan akhirnya baru bisa di hari Senin malam, dan karena sebenarnya mess tempat aku tinggal sehari-hari lebih dekat ke Bamed yang ada di Meruya, jadilah aku memutuskan untuk konsul kesana, dan ternyata dokter yang praktek di waktu itu adalah dr. Adi. Menurut aku dr. Adi sangat informatif dan sering share mengenai trend, issue, atau penelitian mengenai teknologi kesehatan kulit saat ini, berhubung dulu sebenernya cita-cita aku adalah menjadi dokter kulit (yang karena satu dan lain hal ngga kesampaian), setiap konsultasi sama dr. Adi terasa seru karena seperti sesi kuliah singkat :p Dan berdasarkan informasi dari suster yang ada di Bamed Meruya, dr. Adi juga merupakan salah satu dokter yang pasiennya paling banyak. Hal itu menjadi pertimbangan aku untuk ke depannya aku mau konsultasi lagi nya sama dr. Adi.

So far aku udah 3x konsultasi sama dr. Adi, lucunya setiap konsultasi sebenernya dr. Adi selalu berpesan untuk mengurangi pemakaian makeup karena sebenarnya menurut dr. Adi, pemakaian makeup lebih dari 6 jam bisa jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat, tapi karena aku bandel akhirnya dr. Adi cuma berpesan (sama seperti dr. Yuda) kalau aku harus lebih rajin cuci muka dan pakai PMC sebelum aplikasi makeup. Biasanya treatment yang aku dapat saat konsul adalah Kil+Kom (itu sebutan untuk tindakan facial untuk mengeluarkan komedo dan jerawat-jerawat kecil), Chemical Peeling AHA / Microdermabrasion Athena (yang untuk lebih detailnya bisa dibaca lebih lanjut di website Bamed yaa). Yang bikin aku suka juga di Bamed dokter-dokternya super welcome dan mereka punya policy untuk harus bisa dicontact oleh pasien-pasiennya, jadi biasanya mereka kasih nomor yang bisa diWhatsapp juga kalau mau konsultasi di luar jam konsul.

My skin condition nowadays with no makeup at all (and also no edit and no filter) :p


Rencananya minggu depan pas aku konsul lagi dengan dr. Adi aku mau wawancara singkat beliau dan detail treatment yang akan aku lakukan untuk dishare di next blogpost :)

So, this is my current daily skincare routine

PAGI
AM Skincare Routine

Setelah mencuci muka dengan Cleanser Gel (ada di foto PM Skincare Routine), kemudian aku keringkan dengan menggunakan tissue (dari dulu aku anti banget ngeringin wajah pakai handuk karena biasanya handuk kan untuk badan juga, dan sering lembab jadi rawan bakteri).
1. Aku semprotkan Avene Eau Thermal Spring Water kemudian aku tunggu meresap sambil dimassage ringan. Menurut aku ini air super ajaib, kalau lagi bruntusan atau kulit yang super kering biasanya abis disemprot Avene insya Allah langsung sembuh haha.
2. Sekarang aku lagi balik pakai serum Kiehls (Clearly Corrective Dark Spot Solution) aku, karena selain sayang isinya masih banyak, aku juga dulu ngerasa bahwa serum itu ampuh banget untuk bikin kulit lebih cerah dan spot hitam bekas jerawat menjadi lebih berkurang
3. Clear Gel, ini seperti moisturizer yang membuat kulit aku menjadi lebih lembab.
4. Pre Makeup Cream (PMC), bisa dikatakan ini sebagai shield yang berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat walaupun kita menggunakan makeup.

Baru setelah itu dilanjutkan dengan aplikasi makeup.

MALAM
PM Skincare Routine

1. Cuci muka dengan menggunakan Bamed Cleanser, ini merupakan tahap pertama yang berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran seperti debu atau minyak di wajah
2. Setelah cuci muka dan mengeringkan dengan tissue biasanya aku menggunakan Makeup Remover (yang mengandung oil) untuk membersihkan makeup yang waterproof seperti eyeliner, mascara, eyebrow, atau lipstick.
3. Kemudian aku pakai Cleansing Cream atau susu pembersih yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sisa-sisa makeup secara menyeluruh
4. Entah aku parno atau agak OCD untuk urusan muka, biasanya aku double cleansing setelah itu menggunakan Bioderma Sensibio H2O untuk make sure ga ada lagi kotoran-kotoran yang masih menempel di wajah terutama kalau lagi makeup yang agak tebal. Tadinya aku sempet males pake ini karena menurut aku it's such an overrated product alias biasa aja ngga seheboh review orang-orang, tapi setelah aku pakai lagi aku mulai merasa produk ini menjadi pelengkap yang membuat wajah aku tetap lembab setelah dibersihkan, dan mungkin buat aku produk ini memang ngga bisa digunakan sendiri tapi sebagai pelengkap rangkaian pembersih wajah.

Biasanya setelah membersihkan wajah dengan cleansing cream, wajah akan terasa sedikit lebih lengket, jadi aku kembali cuci muka menggunakan sabun muka yang sebelumnya (Bamed Cleanser nomor 1) dan juga karena memang disarankan untuk cuci muka minimal 3x sehari. Selanjutnya setelah wajah dikeringkan aku menggunakan Avene seperti di pagi hari.

5. Selanjutnya aku pakai Acne Gel di bagian-bagian yang berjerawat aja, jadi kalau lagi ngga ada jerawat biasanya aku skip penggunaan gel ini.
6. Last but not least aku pakai Night Cream (Sense 2), ini adalah produk kunci yang merangsang dan mempercepat proses perbaikan dan regenerasi kulit menjadi lebih baik. Jenis dan tingkatannya pun bervariasi, pertama kali aku konsul aku dikasihnya yang Sense 1 tapi di bulan ke-5 mulai meningkat ke Sense 2, temen ku yang ke Bamed juga dikasihnya Night Cream yang jenisnya beda karena jenis, kebutuhan dan masalah kulitnya pun berbeda.

P.S It's purely my opinion based on personal experience, dan bukan endorsement hahaha.. cuma aku seneng aja sharing sesuatu yang aku rasakan sendiri manfaatnya, dan bukan berarti aku menyarankan kalian harus ke Bamed juga, tapi mungkin bisa jadi referensi untuk yang sedang mengalami masalah kulit seperti aku beberapa bulan lalu, karena aku tahu rasanya heuheu. Dan sebenarnya skincare juga sifatnya lebih personal, sesuatu yang cocok di aku belum tentu akan cocok di semua orang juga, jadi ada baiknya kalau tertarik ke Bamed, langsung contact aja untuk buat jadwal konsul, mengenai price list juga bisa ditanyakan ke Bamed langsung, karena untuk setiap treatment dan obat untuk tiap orang bisa berbeda-beda :)

xoxo
Myuti

Bamed Skincare
www.bamedskincare.co.id
ig: @bamedskincare

Alamat
Dharmawangsa Square Citywalk
Jl. Dharmawangsa VI Lt. 2 Unit 17
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
Tel/Fax : (021) 7394281, 08561234281

Meruya
Jl. Penyelesaian Tomang IV, Kav. DKI Blok 95 No. 1
Meruya Utara, Jakarta Barat 11620
Tel : (021) 5843456, 5844512
Fax : (021) 5867044



14 comments:

  1. I feel you kak, muka itu bnr2 jadi perhatian utama. Bruntusan dan apalagi jerawatan bikin stres banget.. Glad it's all over :")

    ReplyDelete
  2. Sekarang kondisiku lagi kayak gini huhuhu :'( entah krn makan, atau salah skin care.. tdnya juga ada jerawat pms aja 1 or 2. Mau coba ke dokter takut pas lepas tambah parahh :(
    kalau di Bamed bisa gak perawatan aja tanpa pake produknya?

    ReplyDelete
  3. hi, boleh tau range harga konsul, cream, dan tindakan lainnya di Bamed skin care? Mau kesana tapi masih maju mundur. Thanks ya!

    ReplyDelete
  4. Hallo! Kak Mutiara, boleh nanya sekali perawatan berapa ya harganya? Setau aku bamed sampai 1.5jt sekali dateng ya? Bener ga ya? Thankyou!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda2 dear tergantung treatment dan produk apa yang dibeli :)
      So far aku ngga pernah sampai segitu, tapi ada beberapa temanku yang beda case bisa sampai segitu price nya

      Delete
  5. boleh diinfoin dong kaak,, biaya perawatan di Bamed berapaan?? thanks for sharing

    ReplyDelete
  6. Pilihan terbaik untuk skin care rutin dengan menggunakan produk kecantikan yg berbagan alami.

    ReplyDelete
  7. ngilangin bintik hitam gimana kak,.. cantik banget kulitnya. tadi nyari2 fleknya nihil.. kagum banget...

    ReplyDelete
  8. Hallo Mutiara, skrg kondisi mukanya gmn stlh pake bamed? Pas awal2 pake bamed muncul jerawat kecil2 gt ga ya? Aq 2 minggu pake itu muncul jerawat kecil2 :( bingung ini ga cocok ato purging :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi waktu aku dulu pakai ngga purging sih, cuma kulit ku sempat jadi lebih kering dibandingkan biasanya aja

      Delete
  9. Hi mutiara
    Boleh review awal2 pemakaian bamed muka mu purging kah?
    Treatment paling ampuh utk bekas jerawat itu chemical peeling nya / laser ndyg nya?
    Aku baru mulai menggunakan Bamed
    Thankuuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngga purging, bahkan ngga mengelupas dan merah-merah, hanya kulitku sempat jadi agak lebih kering dari biasanya, tapi lama-lama jadi normal lagi

      kalau untuk treatment bias langsung konsultasi ke dokternya aja ya :)

      Delete