Monday, 18 May 2015

Basic Contouring Tutorial

Pernah ngga sih bertemu cewe-cewe yang sering mengeluhkan pipi mereka yang dirasa chubby?
Aku pernah iseng ngitungin 7 dari 10 orang perempuan yang aku temui pada saat beauty class berpikir bahwa pipi mereka chubby padahal orang lain ngga beranggapan demikian. Ya ya ya memang terkadang self image yang kita yakini itu beda dengan social image yang dipersepsi oleh orang lain tentang kita.

Terlepas dari issue self image tersebut, sekarang memang lagi trend yang namanya Contouring Makeup Technique, part mengenai contouring pasti selalu jadi salah satu yang paling ditunggu setiap ada makeup class, karena sebagian besar perempuan selalu merasa bentuk wajahnya imperfect dan butuh dikoreksi dengan menggunakan teknik contouring ini. Inti dari contouring sendiri adalah emphasize certain part and de-emphasize others, jadi untuk kamu-kamu yang merasa punya pipi chubby, rahang atau dahi yang terlalu lebar, kamu bisa mengaplikasikan teknik makeup ini karena bisa memberikan efek wajah yang lebih slim, terutama ketika difoto.

Contouring itu sendiri berarti mempertegas contour atau bentuk wajah kita dengan membuat shade untuk 'ngumpetin' bagian-bagian yang dirasa berlebih atau imperfect sementara highlight bertujuan untuk 'nonjolin' bagian-bagian wajah yang apabila terkena cahaya akan tampak lebih terang, seperti the highest cheekbone di sekitar bawah mata dan area T-Zone (dahi, hidung, dan dagu). Selain itu, seringkali bentuk wajah yang dikatakan ideal itu adalah yang oval, jadi untuk bentuk-bentuk wajah selain oval (bisa berbentuk bulat, persegi, hati, pear, diamond, atau oblong) bisa menggunakan teknik contour ini untuk menciptakan ilusi bentuk wajah yang lebih oval.

Contoh pengaplikasian untuk berbagai tipe bentuk wajah yang berbeda adalah sebagai berikut:

Source: Pinterest


Biasanya produk apa yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan teknik contouring ini? Karena sekarang ini produk makeup semakin beragam jenisnya, jadi kamu bisa menggunakan yang bertekstur liquid, cream, atau powder tergantung hasil makeup yang ingin kamu dapatkan. Kuncinya adalah:
  1. Untuk shading, gunakan produk yang warnanya 2-3 tingkat lebih gelap dibandingkan skin tone
  2. Sementara untuk highlight, gunakan produk yang warnanya 2-3 tingkat lebih terang dibandingkan dengan skin tone.

Yang perlu diperhatikan untuk teknik ini adalah we have to blend it really well, supaya ngga ada garis-garis yang tampak kaku, karena hasil akhir yang diharapkan adalah wajah yang berdimensi tapi tetap tampak natural. Ngga mau juga kan kalau wajah kita ada garis-garis coklat atau terlalu kecoklatan di seluruh wajah yang membuat kita tampak seperti habis berlibur di pantai hihihi..

Kalau ada yang masih bingung sama penjelasan di atas, please watch this video :)


Product that I used:

- MAKE OVER Hydration Serum
- MAKE OVER Camouflage Cream Face Concealer
  • Light Green to neutralize redness
  • Light Beige for highlight
  • Mix 'Light Beige' and 'Beige' to cover dark spot and conceal the green that appied before
- MAKE OVER Ultra Cover Liquid Matt Foundation 07 'Caramel'
- MAKE OVER Ultra Cover Liquid Matt Foundation 01 & 05 to blend the contour
- MAKE OVER Silky Smooth Transluscent Powder 05 'Snow'
- MAKE OVER Blush On 02 'Irredescent Pink'
- MAKE OVER Ultra Hi-Matte Lipstick 007 'Think Pink'

If you have any suggestion for next tutorial, please leave comment below gorgeous

xoxo
myuti


No comments:

Post a Comment