Friday, 3 April 2015

5 !


Confuse about which items should we buy first, seringkali dialami sama orang-orang di sekitarku yang baru pertama kali berencana untuk mulai makeup, karena dalam kondisi kebingungan item apa aja yang mau dibeli, umumnya kemungkinannya itu 2, yaitu:

1. Jika kamu berpendirian teguh dan ngga gampang tergoda kamu akan berakhir dengan ngga membeli apa-apa setelah galau coba berbagai jenis produk di store, dan

2. Kalau kamu impulsif dan ngga enakan sama mba-mba BA nya karena udah nongkrong lama di storenya untuk milih-milih (such as my self), bisa berakhir dengan membeli barang yang sebenernya ngga butuh-butuh banget atau warnanya ngga jauh beda sama yang sudah kita punya :p

Jadi berdasarkan pengalaman aku selama ini, I wanna share some items that you can choose as your makeup starter kit supaya ngga tiba-tiba pulang dengan sejumlah barang yang kita pun lupa fungsinya untuk apa hihi..





1. Lipstick or any Lip Color 

Kenapa aku menyebutkan ini sebagai yang pertama harus kamu punya? Karena lipstick adalah produk yang paling mudah diaplikasikan, akan membuat fresh seketika dan terlihat bermakeup (apalagi untuk warna-warna tertentu yang lebih bright), dan produk-produk lipstick saat ini makin gila deh inovasinya, dari bentuk dan packaging, tekstur, serta warna-warnanya. Kayanya rata-rata cewek pasti ngga hanya punya satu lipstick di pouch makeup dan selama hidupnya :D

For me personally, produk lip color yang aku beli pertama kali pas aku SMA adalah lip gloss karena kalau lipstick dulu kesannya berat dan ibu-ibu banget (walaupun sekarang ini zaman sudah mulai berubah karena pernah consultant di salah satu MAKE OVER Store cerita kalau anak sekolahan aja even bisa nyarinya lipstick deep red loh), sementara pas kuliah aku suka banget sama yang namanya lip tint (it will give fresh yet natural look). Tapi seiring bertambahnya usia aku prefer lipstick dibandingkan dengan another kind of lip color, karena warnanya paling intens dan full coverage, terutama untuk yang teksturnya matte (tidak ada kilaunya) karena lebih long lasting dan ngga ada deh tuh yang namanya risiko akan nempel-nempel di gigi yang bisa bikin malu berat pas senyum (terutama untuk warna-warna lipstick terang such as red and fushia).

Sementara untuk warna yang bisa aku sarankan adalah at least kalian punya 2 warna, yaitu warna natural (nudist color, it might be nudist pink, nudist orange, nudist brown) for your daily look and brighter color (such as bright pink or fuschia and red) karena akan berguna banget untuk kamu kalau lagi males makeup (tinggal apply your favorite bright lip color and you're ready to go!) atau acara-acara pesta malam to make you look stand out.





2. Any kind of Powder (Loose Powder, Compact Powder, Powder Foundation)

Untuk kita-kita yang tinggal di daerah tropis, I think powder is one of must have item in our makeup pouch, karena ngga kebayang deh kalau ngga bedakan sama sekali, kulit kita bakalan terlihat mengkilat seperti apa di siang hari. Powder sendiri banyak banget jenisnya yang bisa kamu pilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.
Untuk kamu yang lebih suka hasil makeup natural, kulitnya ngga banyak noda yang butuh coverage, agak oily, atau sedang dalam treatment dokter bisa pilih loose powder karena teksturnya paling ringan dibandingkan dengan kolega bedak lainnya.

Sementara untuk hasil makeup yang lebih cover, lebih terlihat bermakeup, serta lasting longer, kamu bisa coba pressed/compact powder daan Two Way Cake (powder yang di dalamnya juga sudah mengandung foundation). Compact / Two Way Cake juga lebih mobile friendly karena bentuknya yang praktis dan ngga akan ada risiko tumpah-tumpah kalau mau touch up.

Seringkali ada yang takut untuk pakai bedak karena nanti malah jadi jerawatan atau kesannya heavy untuk pemakaian sehari-hari, tips dari aku supaya ngga jerawatan adalah jangan males bersihin muka setelah beraktivitas seharian agar sisa makeup dan kotoran lainnya tidak menyumbat di pori-pori kulit, jadi kalau kamu punya waktu 15-30 menit untuk pakai makeup, kamu at least harus punya waktu yang sama juga untuk membersihkannya. Sebenarnya bedak juga bisa menjadi pelindung kulit wajah kita loh ketika kita sedang beraktivitas dan bisa menutrisi juga karena sekarang ingredientsnya juga makin canggih-canggih, dari vitamin E, antioxidant, SPF, dan sebagainya jadi debu-debu jalanan ibu kota ngga akan langsung terserap sama kulit kita.

Untuk warna, bisa kamu sesuaikan juga dengan warna kulit kamu, jangan sampai mau pakai bedak supaya terlihat putih 2-3 tone karena nantinya malah terlihat seperti pakai topeng dan dempulan, jadi pilihlah warna yang paling ngeblend and gives coverage like your second skin. Cara pakai powder juga masih ada yang kurang tepat, banyak yang masih pakai powder dengan cara spongenya diusap-usap ke wajah, powder sebaiknya diaplikasikan dengan pat motion (atau gerakan menepuk) supaya hasilnya terlihat halus dan ngga cepat hilang juga.


3. Mascara


Thanks Eugene Rimmel, the person who created it first (semoga masuk surga deh udah bikin banyak cewe ngga keliatan bermuram durja dan ngantuk karena bulu mata yg tipis hampir ngga terlihat wujudnya :p). Mascara adalah salah satu produk yang gampaaang banget penggunaannya (trust me, even you don't need mirror to apply this!), caranya tinggal swipe the mascara on your eyelashes with zig zag motion (supaya setiap helai bulu mata kamu terlapisi mascara dengan sempurna).

Mascara sendiri banyak banget macamnya ada yang waterproof ada juga yang ngga, but my suggestion adalah pilihlah yang waterproof (terutama untuk yang muslim), karena aku pernah cobain mascara yang ngga waterproof terus pas aku wudhu langsung byaaar, smudge everywhere and make my eyes look like panda dan emo seketika (huft), dan sesuaikan juga sama jenis kebutuhan bulu mata kamu, biasanya untuk mascara ada 3 fungsi utama yaitu melentikkan, menebalkan, dan memanjangkan. Ada juga yang memiliki dua atau tiga dari fungsi tersebut sekaligus, kalau aku sendiri suka kalau mascaranya bisa bikin ketiga-tiganya karena bulu mataku cenderung tipis, pendek, dan kurang lentik. Biasanya sebelum apply mascara aku jepit dulu bulu matanya dengan Eye Lash Curler to give more va-va-voom perky eye lashes :)


4. Blush On

Another powerful items to make your look fresher and prettier is blush on, because blush on will instantly give blushing effect, yang biasanya blushing itu kan yang lagi happy (entah itu abis ketemu pacar / gebetan atau abis dipuji seseorang hihihi), jadi kalian bisa mulai add blush on to your starter kit list. Blush on pun jenisnya bermacam-macam ada yang powder, cream, stick, or liquid.

Favorit aku biasanya adalah powder blush (untuk daily makeup yang sedikit lebih heavy dan special occasion) dan selanjutnya adalah cheek stain (untuk efek blushing yang lebih natural). Untuk warna sendiri, I think pinky peach is the most suitable color for any skin tone, karena paling mendekati warna natural ketika kita blushing.

Untuk blush on, biasanya aku apply dengan cara senyum (ngga dikempot-kempotin pipinya, kalau misalnya ada yang candid nanti jadi ngga cantik dong kalo dikempot-kempotin gitu :p) dan aku apply di bagian apple of cheek (bagian pipi yang paling gembul kalau kita senyum itu tuh hihi), biasanya dimulai dari sudut luar wajah baru kemudian ke depan supaya depannya terlihat lebih berdimensi dengan bagian depan yang lebih tipis intensitasnya


5. Chocolate / Dark Brown Eye Liner


Eye liner itu juga banyak banget macamnya, ada yang pencil, gel, liquid, bahkan ada yang bentuknya kaya sticker jadi tinggal tempel (walaupun menurut aku itu aneh banget haha). Eye Liner juga jadi salah satu produk makeup favorit aku karena dengan eye liner mata aku langsung terlihat melek dan stand out seketika hehehe..

And for everyday look, I can't get away from creamy / gel texture eye liner with dark brown shade because this one is multi-function product, you can use it to give natural definer on your eye and also you can use it also to fill in your eye brow, or make it as eyeshadow base to create smokey brown eye makeup.


This is
Products used:
1. Lip Color - MAKE OVER Lip Color Palette 'Peplum Pink'
2. Powder - MAKE OVER Two Way Cake '01 Lace'
3. Mascara - MAKE OVER Ultimate Lash Mascara
4. Blush On - Emina Cheeklit Blush + MAKE OVER Blush On '02 Irredescent Pink'
5. Eye Liner + Eye Brow - MAKE OVER Eye Liner Pencil 'Brown Latte'

Yeaa those are the items that you can buy first for to fill your makeup pouch, karena menurut aku 5 jenis yang tadi aku sebutkan cukup lengkap dan essentials untuk memenuhi kebutuhan kamu yang baru mau belajar makeup, setelah latihan pakai item-item di atas baru deh kalo mau eksplorasi lebih lanjut bisa coba foundation, eye shadow, contour kit, berbagai macam warna lipstick, berbagai jenis inovasi untuk 5 item di atas, dan lain-lain.. supaya efisien karena sayang banget kalau udah beli banyak item tapi bingung harus pakai yang mana dulu dan ujung-ujungnya malah ga dipakai hihi
So, let's start and explore your makeup experience gorgeous :)

xoxo
myuti

3 comments:

  1. Kalo gw musti tambah pensil alis muut, secara alis tipiis banget ngga keliatan. Hehe anyway keep writing! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for reading Dinyyy hihihi.. Iyaaa sama aku juga ngga bisa kalau ngga alisan, thanks for dark brown eyeliner because it can doubled it up as an eyebrow filler too :D :D

      Delete